Minggu, 08 November 2015

about thesis story




Tesisku harapanku...
Kau menggodaku
Menggelitik memaksaku
Akhirnya aku menikmatimu
                Tesis, kenapa bertesis?
                Mengganggu dan membebani
                Keterpaksaan yang membosankan
                Namun aku telah menjinakkanmu..

Satu lagi tahap bersejarah terlalui dalam perjalanan hidupku.  Jum’at, 6 November 2015 pkl. 10:30 saya menjalani sebuah ujian sidang untuk mempertangungjawabkan tesis saya di Magister Pendidikan. Saya berada di urutan keempat  majelis II dalam jadwal yg sudah tertera, dan saya akan di uji oleh oleh Prof.Dr.H.Mohamad Surya, Prof.Dr.Wahyudin, Dr.Deddy Setiawan, Dan Dr.Irwanto. Setelah setengah jam saya menunggu teman yg sedang diuji, perasaan deg-deg plass makin terasa karena setelah itu giliran saya...
                Tiba-tiba ada yg memberi tau bahwa Prof.Dr.H. Surya akan menguji sendiri di ruangan beliau, maka bergegaslah saya turun ke lantai satu, dibawah teman saya Hasbi sudah menunggu dan kami berdua memasuki ruangan .... singkat cerita Prof mengatakan “ silahkan sampaikan hasil penelitian anda dari awal hingga akhir, usahakan dalam waktu 5 menit !”, ..deg...aku kaget, untungnya dimulai dari Hasbi yang bicara....aku masih bisa menarik nafas panjang... saatnya saya, Alhamdulillah ...lancar. dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan..., dua pertanyaan terakhir adalah, “ teori belajar apa yang melandasi penelitian anda? Silahkan jelaskan..., dan “ Bagaimana cara anda menyampaikan hasil penelitian ini kepada teman sejawat?”.... 45 mnt berlalu...Alhamdulillah...semua terlalui dengan baik..
                Selesai dengan penguji Prof,Dr.H.Moh Surya saya langsung menuju lantai dua, dimana tiga penguji yang lainnya telah menunggu. Waah...cukup membuat hah..heh..hoh...perjalanan ke lantai 2 cukup membuat capeee..keringetan...grogi juga...campur aduk...sampai saat menyalakan laptop keringat berjatuhan....cari tissue tiba2 ga ada..., dalam hatiku hanya berkata..tenang...tenang..., penguji mempersilahkan aku menyampaikan hasil penelitian.... aku nyalakan power point...bray..judul terlihat....dan saya langsung bicara bla...bla..bla... sampai aku lupa, penyampaian materi selesai tapi powepointnya ga aku pindah-pindahin.....masih tetap di slide “Judul tesis”! (malunya...ketauan grogi nya..), sampai menjelang saat ibadah sholat Jumat selesailah ujianku...horeee akhirnya....
                Akhirnya sampailah pada saat menunggu pengumuman, yudisium akan dibuka setelah magrib. Disela saat menunggu yudisium aku bercengkrama dengan teman-teman, berfotoria...memanfaatkan saat-saat terakhir kami bersama,  ooh ..iya sebelumnya akupun sempat terjatuh di kamar mandi....alamak..sakitnya..tapi masih untung  ga ada yang liat..jadi ga maluuu...
                Mendekati saat Isya kami berkumpul kembali ke lantai dua, mendengarkan wejangan dari dosen kami Prof.Dr.Deni Darmawan....selanjutnya pembagian hasil ujian sidang...amplop demi amplop yang berisi nama mahasiswa peserta ujian sidang tesis diberikan ... tiba namaku di sebut dan kubuka, Alhamdulillah...aku lulus dengan nilai sangat memuaskan..
                Terimaksih ya Allah, terima kasih keluargaku tercinta, suami dan anak-anaku, semua dosen sebagai ilmuwan panutan, rekan seperjuangan saat kuliah, teman seperjuangan saat-saat bimbingan, rekan sejawat dan sahabat yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu. Terimakasih.....
Love you all.....

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar