Sabtu, 03 Mei 2014

ABOUT THE COMPUTER SPEAKERS



ABOUT  THE  COMPUTER  SPEAKERS


                Secara umum pengertian speaker adalah perangkat elektronika yang terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan suara, demikian juga sebaliknya. Fungsi tiap bagian pada speaker saling terkait satu sama lain.
Speaker komputer beroperasi seperti speaker teratur tetapi pada tingkat  yang lebih rendah. Mereka dilengkapai dengan penguat rendah daya internal. Biasanya mereka menggunakan kawat pembicara stereo jack 3,5mm konektor standar sering warna-kode hijau, yang untuk kartu suara komputer. Juga menggunakan konektor phono-kabel speaker untuk  plug ke komputer anda. Speaker komputer dapat berkisar luas sesuai denga harga.
Fungsi speaker komputer sepertinya sudah dapat diliahat secara umum, seperti speaker yang sering kita lihat berupa speaker aktif maupun hanya speaker saja yang terpiah dari perangkat penguat audionya. Ada banyak jenis speaker, dilihat dari bentuk fisik maupun kegunaan speaker itu sendiri. Fungsi speaker secara keseluruhan adalah  mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat  audio menjadi gelombang  suara atau getaran. Proses pengubahan gelombang elektromagnetik menjadi gelombang suara tersebut dapat terjadi karena aliran listrik dari penguat audio dialirkan kedalam kumparan dan terkena pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai dengan kuat lemahnya arus listrik yang diterima maka getaran yang dihasilkan pada membran akan mengikuti dan jadilah gelonbang bunyi yang dapat kita dengarkan.

A.FITUR
Speaker yang datang dengan komputer  biasanya memiliki kualitas suara yang biasa-biasa saja. Speaker berkualitas tinggi biasanya memiliki fitur pemertaan seperti bass dan treble kontrol. Beberapa komputer memiliki subwoofer yang memiliki amplifier internal dan membutuhkan sumber daya eksternal, yang dikenal sebagai kutil dinding. Sebagian besar komputer datang dengan sistem speaker agak mendasar. Sebuah speaker komputer bekualitas tinggi memiliki respon frekuensi tinggi, distorsi harmonik total dan watt lebih dari rata-rata speaker. Distorsi harmonik total mengacu pada jumlah distorsi yang diciptakan dengan memperkuat sinyal. Respon frekuensi menentukan jumlah suara yang dihasilkan oleh pembicara. Selain musik, speaker ini dapat digunakan untuk film dan multimedia. Games bisa dinikmati pada kualitas yang lebih tinggi.

B.SEJARAH
Ketika komputer pertama diciptakan, mereka dimaksudkan untuk diproses saja. Sekarang denga kartu suara banyak yang high-end speaker, anda dapat menikmati musik hanya dengan meng “klik” mouse. Dengan semua tingkat tingi speaker orang dapat menyediakan musik untuk pesta dan klub. Banyak orang memiliki sistem speaker surround sound terhubung ke komputer mereka untuk penggunaan rumah.
Pada umumnya jenis speaker ada tiga macam berdasarkan tinggi rendah bunyi yang dihasilkannya.
1.       Speker  dengan keluaran nada rendah biasa  disebut  Woofe.
2.       speaker yang menghasilkan bunyi vokal atau nada menengah disebut Midrange.
3.      Speaker dengan bunyi keluaran nada tinggi disebut Twitter

C.MACAM-MACAM JENIS SPEAKER KOMPUTER
Berikut merupakan jenis speaker yang sering dijumoai untuk komputer :
1.      Speaker 2.0
Speaker ini sering dijumpai oleh banyak orang yang bercirikan 2 speaker yang terletak di kanan dan kiri user.
2.      Speaker 2.1
Speaker ini hampir sama dengan 2.0 namun terdapat subwoofer (pengeras bass) yang terletak di bawah user. Total terdapat 3 speaker yang mendukung dengan kanan, kiri serta pengeras bass.
3.      Speaker 4.0
Speaker ini terdapat 4 speaker yang terletak di kanan dan kiri user serta sebelah kanan belakang dan kiri belakang user, jadi terdapat speaker yang mengelilingi  user. Kualitas speaker ini lebih baik dibandingkan  speaker 2.0 maupun 2.1 karena suara akan terdengar surround dengan kata lan keliling, jika di dalam film terdapat helikopter yang muncul dari kanan ke kiri, maka suara akan terdengar lebih nyata (lebih terdengar asli) yang muncul dari pembesaran kanan ke kiri.
4.      Speaker 4.1
Speaker ini hampir sama dengan 4.0  namun ditambahkan pengeras bass yang terletak di bawah user. Pengeras  bass ini untuk membentuk suara lebih dahsyat apabila terdapat ledakan-ledakan di dalam film.
5.      Speaker 5.0
Speaker ini mempunyai ciri terdapat 5 speaker yang terletak di sampin kanan, kiri dan tengah user serta kanan belakang dan kiri belakang user.
6.      Speaker 5.1
Speaker ini merupakan penyempurnaan dari speaker 5.0 dengan menambahkan subwoofer di bawah user.
D.MASALAH UMUM PADA SPEAKER
Troubleshooting / permasalahan pada speaker :
-  Speaker ini tidak dapat mengeluarkan suara
-  Terdengar suara yang sangat pelas dari speaker
-  Suara yang dihasilkan tidak jelas atau terputus-putus
-  Salah satu speaker tidak mengeluarkan suara
Solusi untuk mengatasi masalah di atas :
-          Periksa apakah speaker sudah terhubung denga arus listrik atau tidak
-          Pastkan  kabel  tidak rusak atau putus dan pastikan konektor kabel sudah terpasang dengan baik.
-          Periksa pengaturan suara melalui komputer, dengan cara klik “start” > all program >accessories> entertainment> volume control (pada Windows XP)
-          Pastikan driver sound card sudah terinstall dan tidak corrupt atau rusak., (misalnya realtek AC97)
-          Periksa apakah sound card dalam keadaan basik atau tidak.
-          Coba gunakan speaker di komputer lain, bila bisa digunakan berarti ada masalah pada speakernya.





DAFTAR  PUSTAKA
http://cael-two.blogspot.com/2010/12/cara-memperbaiki-masalah-tanpa-suara.html

                                                                           

2 komentar: