Sabtu, 03 Mei 2014

About Open Office Writer



“OPEN OFFICE WRITER”

 
Pengertian Open Office Writer adalah salah satu komponen dalam Open Office.org  yang  berfungsi untuk mengedit dokumen, adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah; doc . odt . rtf dan bisa export  .pdf dengan sekali klik. Open Office Writer memiliki fitur pengolah kata modern seperti Auto Correct, Auto Complete, Styles Format, Style and Formating, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical  References, Illustractions, Tables. Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar  dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar)
Open Office Writer tidak berbeda jauh dengan mirosoft word fungsinya sama juga  yaitu untuk menulis dokumen. Dokumen yang dibuat writer antara lain naskah surat, buku laporan, berita, browser, dan lain-lain. Pada writer dapat disimpen gambar atau objek lain. Writer dapat juga menuliskan rumus dan membuat tabel seperti di microsoft exel pada sistem operasi windows sedangkan microsoft word hanya dapat membuat tabel saja.
Dokumen writer secara default akan disimpan denga format file ope dokumen dengan extensi ODT atau dapat disimpan denga format lain seperti DOC, HTML, XHTML, dll. Kemampuan lainnya dokumen dapat d ekspor langsung ke format FDF, B eb Teks, Latex2e dan XHTML. Semua fungsi dalam kontro Ms word dan OO. Writer memiliki nama mirip atau hanya sedkit perbedaan.
Berikut adalah tampilan OO writer :
Tampilan menu OO writer :
Open office org memiliki fitur pengolah kata yang modern seperti auto complete, auto format, styles dan formating text frames dan linking. Program ini sangat mudah untuk membuat memo cepat. Sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman, serta banyak gambar judul heading.
Menu Microsoft Word vs Open Office Writer
Kategori : Information Technology
1.       Komentar.
Bagi orang yang baru beralih dari aplikasi Microsoft Office menjadi Open Office mungkin akan kebingungan karena sedikit perbendaan tampilan dan menu khususnya di aplikasi Open Office Writer. Untuk itu saya ingin memberikan perbandingan menu antara aplikasi Word dan Open Office Writer. Berikut ini adalah perbandingan-perbandingn menu yang sudah terkumpu dan ter update .
SETTING UP
Fungsi
Microsoft Word
Open Office Writer
Mengatur jendela dokumen (ruler, status bar, toolbar, dll)
View – pilih kebutuhan jendela dokumen
Mengubah Toolbar
Tools – Costumize
View – Toolbar – Costumize
Selalu membuat Backup Copy
Tools – Costumize - Options        
Tools – Costumize – Loard Save – General
Autosave setiap beberapa menit
Tools – Costumize – Options
Tools – Options – Loard Save – general
Tampilkan tanda paragraf, tabulasi, dll
Tools – Options – View
Tools – Options – Open Office org Writer – Formating Aids
Mengatur Autocorrect dan Autoformat
Tools – Autocorrect
Tools – Autocorrect

MENULIS, MENGEDIT, DAN REVIEW
Fungsi
Microsoft Word
Open Office Word
Pindah ke halaman tertentu secara cepat
Edit – Go To
Edit – Navigator
Memilih Bahasa untuk cek pengejaan
Tools – Language – Set Language
Tools – Options – Language Settings – Language (Open Office tidak memiliki pengecekan tata bahasa grammar)
Menemukan dan Mengubah teks, format dan bentuk
Edit – Replace
Edit Replice – Find & Replace
Mengamankan dokumen agar tidak bisa diedit
Tools – Protect Dokement
Edit – Changes – Protct Records
Menggabungkan Dokumen
Tools – Merge Document
Edit – Changes – Merge Document
Mendapatkan Jumlah Kalimat
Tools – Word Count
Tools – Word Count

2.       MENGATUR LAYOUT HALAMAN
Fungsi
Microsoft Word
Open Office Writer

Menentukan Margin
File – Page Setup – Margin
Format – Paage Setup – Margins
Format – Page – Page
Mengedit Header dan Footer
View – Header and Footers
Insert – Header
Insert – Footer
Menggunakan kolom
Format – Page – Columm
Atau
Insert – Sections – Columm
Menggunakan Tabel
Table – Insert – Table
Insert – Table
Menambah Nomor Halaman
Insert – Page Number
1.       Insert – Footer –Default
2.       Letakkan kursor sesuai dengan posisi page number (left, center, right) yang diinginkan, lalu :
Insert – Field – Page Number
               Menggunakan Nomor Halaman Pertama Menjadi lebih dari 1 :
               Insert – Page Number – Format
1.       Letakkan kursor pada sembarang paragraf di halaman pertama
2.       Klik kanan – Edit Paragraf Style – Teks flow – Break- Insert – With Page Style – Page Number

1 komentar: