Sabtu, 03 Mei 2014

Karena Terpaksa jadi Suka



“KENALAN  DENGAN  KOMPUTER”
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtwoEQf8froL1N-IajuI3ePDPBHXCKdSmWDve60PdZyjczrlmFSxww9H3L7bn28xZOnGV56zg5Ma0OPj8OT8HpNDdDJBZrYbPueMkrzFaDpHqQv2-2mEBAHLWAhWuS68IN3qdk9fM6jUA/s1600/komputer-pusing1.jpg
            Entah kapan tepatnya ?..tahun berapa saya pertama kali berkenalan dengan komputer? Saya sudah tidak ingat pastinya...., karena saat saya menempuh kuliah S1 dahulu, komputer belum booming seperti sekarang, dalam mengerjakan tugas-tugas saya menggunakan mesin  tik “Brother” yang masih saya simpan dengan baik  sampai sekarang.
            Sejak lulus kuliah setelah menyelesaikan Strata 1 kemudian menjadi guru PNS semua berjalan biasa-biasa saja tanpa ada hambatan dalam masalah administrasi karena sebagian besar administrasi guru  saat itu dibuat dengan tulisan tangan hingga terlupakan dengan benda yang namanya “Mesin Tik” begitulah selama bertahun-tahun saya tidak lagi berhubungan dengan masalah ketik mengetik tugas, tapi mengerjakan administrasi guru dengan tulisan tangan semua.
            Sampai  pada suatu saat... di sekolah terjadi pergantian Kepala Sekolah dan entah mengapa pada masa kepemimpinan kepala sekolah baru pada saat itu, sekitar tahun 2006 atau sekitar 8  tahun yang lalu, saya merasa banyak mendapatkan tugas tambahan dari kepala sekolah  yang tidak mungkin saya kerjakan  dengan menggunakan tulisan tangan, tapi tidak mungkin juga saya menggunakan mesin tik biasa.... dan yang pasti karena kepala sekolah menginginkan saya untuk bisa menggunakan komputer!!
            Baru sejak saat itulah saya terpikir keinginan untuk bisa menggunakan komputer. Sebenarnya sebagai seorang ibu yang sudah merasa terlambat untuk belajar komputer, terasa berat karena disamping harus bekerja di sekolah mengurus rumahtangga juga sudah cukup menyita waktu. Tapi karena keinginan yang begitu kuat  untuk bisa menggunakan komputer dan saya tidak ada waktu untuk mengikuti kursus diluar rumah, maka terpikir oleh saya untuk belajar otodidak. Langkah pertama yang saya lakukan adalah membeli buku “BELAJAR OTODIDAK WORD, EXCEL,POWER POINT XP”  karangan Atang Gumawang  dan diterbitkan oleh penerbit INFORMATIKA Bandung. Dari buku itulah saya belajar menyalakan komputer, membuka MS.Word, membuka lembar kerja baru, membuat dokumen, menyimpan dokumen, sampai bagaimana menutup microsoft word.
          Jika mengingat saat-saat pertama memegang dan menggunakan komputer banyak kejadian  yang sekarang bisa menjadi kisah lucu jika diceritakan. Dari mulai perasaan panik jika hasil mengetik tiba-tiba hilang sampai rasa kesal karena ingin membuat kolom yang sangat sederhana pun tidak bisa, bahkan pernah entah salah pencet apa maka komputer harus di install ulang... ternyata belajar komputer sangat mengasyikkan dan selalu ingin bisa lebih baik.
           Sejak saat itulah saya selalu menggunakan komputer dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, dan perlu diketahui saat itu masih sangat banyak rekan-rekan guru yang belum bisa menggunakan komputer, bahkan sampai saat ini masih ada guru-guru yang belum bisa memanfaatkan teknologi komputer sebagai media untuk mempermudah mengerjakan tugas-tugas keguruannya. Dan akhirnya sampailah pada saat  saya mulai masuk kuliah di program Pascasarjana jurusan Teknologi Pembelajaran di STKIP-Garut pada tahun 2013. Disini saya merasa jadi orang bodoh yang tidak tahu apa-apa tentang teknologi komputer di banding teman-teman yang jauh lebih muda dan sangat pandai mengoperasikan komputer.
            Alhamdulillah saya mendapatkan teman-teman sekelas yang sangat baik, rasa kekeluargaan kami sangat kuat, kami saling memotivasi dan saling membantu. Teman-teman yang jauh lebih muda dan menguasai teknologi komputer telah banyak membantu , sehingga kami merasa tidak tertinggal dan dapat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen kami. Suasana ini yang membuat kami akan selalu bersatu walaupun mungkin kami akan berpisah berpisah nantinya, teknologi  internet telah membuat kami bisa saling berkomunikasi karena kami telah membuat group khusus teman sekelas yang akan selalu menghubungkan kami nanti jika telah saling lulus kuliah dan saling berjauhan.
            Terimakasih saya ucapkan pada bpk.Dr.Hudiyana Hernawan,MS. Sebagai dosen mata kuliah Teknologi Informasi yang telah menyarankan membuat group kelas B angkatan VIII ini, yang sangat saya rasakan manfaatnya, bukan hanya untuk masa sekarang tapi insya Allah sampai nanti akan menjadi media sillahturahiim kami. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar