OPEN OFFICE WRITER”
Pengertian Open
Office Writer adalah salah satu komponen dalam Open Office.org yang
berfungsi untuk mengedit dokumen, adapun dokumen format yang bisa
digunakan adalah; doc . odt . rtf dan bisa export .pdf dengan sekali klik. Open Office Writer
memiliki fitur pengolah kata modern seperti Auto Correct, Auto Complete, Styles
Format, Style and Formating, Text Frames dan Linking, Tables of Contents,
Indexing, Bibliographical References,
Illustractions, Tables. Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo
cepat, sangat stabil dan mampu membuat dokumen dengan banyak halaman serta
banyak gambar dan judul heading. Selain
itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang
sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar)
Open Office Writer
tidak berbeda jauh dengan mirosoft word fungsinya sama juga yaitu untuk menulis dokumen. Dokumen yang
dibuat writer antara lain naskah surat, buku laporan, berita, browser, dan
lain-lain. Pada writer dapat disimpen gambar atau objek lain. Writer dapat juga
menuliskan rumus dan membuat tabel seperti di microsoft exel pada sistem
operasi windows sedangkan microsoft word hanya dapat membuat tabel saja.
Dokumen writer
secara default akan disimpan denga format file ope dokumen dengan extensi ODT
atau dapat disimpan denga format lain seperti DOC, HTML, XHTML, dll. Kemampuan
lainnya dokumen dapat d ekspor langsung ke format FDF, B eb Teks, Latex2e dan
XHTML. Semua fungsi dalam kontro Ms word dan OO. Writer memiliki nama mirip
atau hanya sedkit perbedaan.
Berikut adalah
tampilan OO writer :
Tampilan menu OO
writer :
Open office org
memiliki fitur pengolah kata yang modern seperti auto complete, auto format,
styles dan formating text frames dan linking. Program ini sangat mudah untuk
membuat memo cepat. Sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak
halaman, serta banyak gambar judul heading.
Menu Microsoft Word vs Open Office Writer
Kategori :
Information Technology
1. Komentar.
Bagi
orang yang baru beralih dari aplikasi Microsoft Office menjadi Open Office
mungkin akan kebingungan karena sedikit perbendaan tampilan dan menu khususnya
di aplikasi Open Office Writer. Untuk itu saya ingin memberikan perbandingan
menu antara aplikasi Word dan Open Office Writer. Berikut ini adalah
perbandingan-perbandingn menu yang sudah terkumpu dan ter update .
SETTING
UP
Fungsi
Microsoft
Word
Open
Office Writer
Mengatur
jendela dokumen (ruler, status bar, toolbar, dll)
View
– pilih kebutuhan jendela dokumen
Mengubah Toolbar
Tools
– Costumize
View
– Toolbar – Costumize
Selalu membuat Backup Copy
Tools – Costumize - Options
Tools – Costumize – Loard Save – General
Autosave setiap beberapa
menit
Tools – Costumize – Options
Tools – Options – Loard Save – general
Tampilkan tanda paragraf,
tabulasi, dll
Tools – Options – View
Tools – Options – Open Office org Writer – Formating Aids
Mengatur Autocorrect dan
Autoformat
Tools – Autocorrect
Tools – Autocorrect
MENULIS, MENGEDIT, DAN REVIEW
Fungsi
Microsoft Word
Open Office Word
Pindah ke halaman tertentu
secara cepat
Edit – Go To
Edit – Navigator
Memilih Bahasa untuk cek
pengejaan
Tools – Language – Set Language
Tools – Options – Language Settings – Language (Open Office tidak
memiliki pengecekan tata bahasa grammar)
Menemukan dan Mengubah teks,
format dan bentuk
Edit – Replace
Edit Replice – Find & Replace
Mengamankan dokumen agar
tidak bisa diedit
Tools – Protect Dokement
Edit – Changes – Protct Records
Menggabungkan Dokumen
Tools – Merge Document
Edit – Changes – Merge Document
Mendapatkan Jumlah Kalimat
Tools – Word Count
Tools – Word Count
2. MENGATUR LAYOUT HALAMAN
Fungsi
Microsoft Word
Open Office Writer
Menentukan Margin
File – Page Setup – Margin
Format – Paage Setup – Margins
Format – Page – Page
Mengedit Header dan Footer
View – Header and Footers
Insert – Header
Insert – Footer
Menggunakan kolom
Format – Page – Columm
Atau
Insert – Sections – Columm
Menggunakan Tabel
Table – Insert – Table
Insert – Table
Menambah Nomor Halaman
Insert – Page Number
1. Insert – Footer –Default
2. Letakkan kursor sesuai dengan posisi page number (left, center, right)
yang diinginkan, lalu :
Insert – Field – Page
Number
Menggunakan Nomor Halaman
Pertama Menjadi lebih dari 1 :
Insert – Page Number – Format
1. Letakkan kursor pada sembarang paragraf di halaman pertama
2.
Klik kanan – Edit Paragraf Style –
Teks flow – Break- Insert – With Page Style – Page Number
Tidak ada komentar:
Posting Komentar