Sabtu, 31 Mei 2014

JAWABAN UTS TEKNOLOLOGI INFORMASI



JAWABAN  UTS
MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI
TGL 31 ME1 2014

Jawban soal no 2.
Pengertian Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan  bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Secara prinsip, komputer hanhalah merupakan sebuah alat yang  bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaiakan pekerjaannya untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal  dengan istilah Brainware (perangkat manusia). Pengertian Brainware ini bisa mencakup orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer,  ataupunorang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil kerja dari komputer.

Kaitannya dengan dunia pendidikan. Sebagian  besar komunitas menyadari pentingnya  akses komputer dalam ruang kelas bagi para guru/dosen dan siswa/mahasiswa. Penggunaan komputer dan internet saat ini telah banyak dibutuhkan dalam dunia pendidikan, komputer dan internet juga mempengaruhi sitem belajar mengajar, dimana para peserta didik dapat mengikuti pelajaran secara online.

JAWABAN SOAL NO.3
Perangkat Keras (Hardware)
Adalah program adalah fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware terdiri dari , peralatan input/output, strorage device (perangkat penyimpanan), monitor, casing, unit dan control Processing Unit (CPU).
Contoh; RAM kegunaannya sebagai penyimpanan data sementara.

JAWABAN SOAL NO.4
Perangkat Lunak (Sotware)
Adalah program yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan. Software terdiri dari ; sistem operasi, program utility, program aplikasi, program paket dan bahasa pemprogaman.
Contoh: Microsoft word kegunaannya sebagai pengolah kata.


JAWABAN SOAL NO.5
Multimedia  adalah gabungan dari beberapa unsur, yaitu ; teks, grafik, suara, video, dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui  audio atau video, teks , grafik, dan animasi.
Dalam proses pembelajaran, multimedia  memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Jadi peranan multimedia dalam pembelajaran erat kaitannya sebagai allat untuk  menyampaikan pesan terhadap siswa, dengan penggabungan banyak unsur media.

JAWABAN SOAL NO.6
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luar dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemaka komputer dari satu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi, dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Internet merupakan sebuah jaringan (internet protokol) yang terdiri dari beberapa komputer yang sudah terkoneksi ke dalam jaringan global.
Betapa pentingnya penggunaan internet  untuk menunjang proses pembelajaran. Ada tiga bentuk sistm pembelajaran melalui internet yang layak dipertimbaangkan sebagai dasar pengembangan sistem pembelajaran dengan mendayagunakan internet, yaitu :
1.      Web Course
2.      Web Centric Course
3.      Web Enchanced Course
Web Course, ialah penggunaan  internet untuk untuk keperluan pembelajaran, dimana seluruh bahan pelajaran, diskusi, konsultasi, penugasan, latihan dan ujian  sepenuhnya disampaikan melalui internet.
Web Centric Course, dimana sebagian bahan belajar, diskusi, konsultasi, penugasan , dan latihan disampaiakan  melalui internet, sedangkan ujian dan sebagian konsultasi dan diskusi serta latihan dilakukan secara tatap muka.
Web Enchanced Course, yaitu pemanfaatan internet untuk pendidikan, untuk menunjang peningkatan  kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas. Bentuk ini juga dikenal dengan nama Web Lite Couse, karena kegiatan pembelajaran utama adalah tatap muka di kelas.
JAWABAN SOAL NO.1
Pengertian Teknologi Informasi adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi. Hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga informasi lebih cepat, lebih luas, dan lebih lama penyimpanannya.
Perkembangan Teknologi Informasi
Generasi Pertama (1940-1959), mengunakan ribuan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, sehingga ukurannya sangat besar dan mahal. Contoh komputer generasi pertama yaitu; ENSIAC (elektronic Numerical Integrator And Calculator) diciptakan oleh Dr.John Mauchy dan Prester eckert pada tahun 1946.
-          Perkembangan yang paling dihargai ialah pertama kali komputer menyimpan memori di dalamnya, yang dikenal sebagai konsep penyimpanan program (stored orogram concept) yang ditemukan oleh John Von Neuman ini juga menitikberatkan penggunaan nomor binari untuk semua tugas pemrosessan dan penympanan.
-          Dr. Maunchy & Enkert membentuk komputer ENVAC (Elektronic Discrete Variable Automatic Computer) yang mengurangi penggunaan tabung-tabung vacum, menggunakan sistem binari, dan konsep penympanan program perhitungannya lebih cepat daripada ENIAC.
-          Komputer ESAC (Elektronic Storage Automatic Calculator) menggunakan mercury dalam tabung untuk menyimpan memori yang lebih ekonomis daripada tabung vakum.
-          Pada tahun 1951 Dr, Mauchy & Enkert  menciptakan UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator) yang digunakan untuk memproses data perdagangan.
Generasi kedua (1959 – 1964)
-          Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda unntuk menggantikan tabung-tabung vacum, menjadikan ukuran lebih kecil dan lebih murah.
-          Kemunculan FORTRAN & COBOL menandakan permulaan bahasa tingkat tinggi.
-          Komputer DEC PDP-80 ialah mini komputer pertama yang diciptakan pada tahun 1964 untuk meproses data-data perniagaan. Komputer lainnya dalam generasi ini ialah IBM 7090 dan 7094
Generasi ketiga (1964 – awal 80an)
-          Chip mulai menggantikan transistor, dimana chip ini terdiri dari ribuan transistor di dalamnya yang proses pembuatannya disebut Large Scale Integration (ISI), sehingga komputer menjadi lebih kecil ukurannya.
-          Mikro komputer yang populer, yaitu apple II, IBM, PC, NEC, dan Sinclair.
-          Banyak bahasa pemrograman muncul seperti Basic, Pascal, dan PL/I.
Generasi keempat (awal 80-an)
-          Chip masih digunakan untuk pemrosesan dan menyimpan memori lebih maju, mengandung beratusribu komponen transistor di dalamnya. Proses pembuatan chip teknologi tinggi ini disebut Very Large Scake Integration (VLSI).
-          Memori utama komputer menjadi lebih besar.
-          Lahirnya sumper komputer yang lebih cepat dibandingkan komputer mainframe.
Generasi kelima (masa depan)
-          Komputer generasi ini mempunyai lebih banyak unit pemrosesan yang berfungsi secara bersamaan untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas dalam satu waktu.
-          Juga mempunyai memori yang sangat besar agar mampu menyelesaikan lebih banyak masalah yang kompleks dan unit pemrosesan pusat (CPU) juga mampu berfungsi seperti otak manusia.
-          Komputer ini juga mempunyai kepandaian tersendiri, mengenali keadaan sekeliling melalui penglihatan dan dapat mengambil keputusan tanpa pengawasan manusia. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “ Artificial Intelligence).

Komponen Teknologi Informasi;
-          Komponen Teknologi Informasi antara lain : Brainware, Hardware, dan Software.
Pengelompokan Teknologi Informasi dibagi menjadi 6, yaitu;
1.      Teknologi komunikasi
2.      Input Technology
3.      Output Technology
4.      Software Technology
5.      Teknologi Penyimpanan (Strorage Technology)
6.      Teknologi mesin pemroses (Processing Machine Technology).
Klasifikasi Teknologi ;
1.      Teknologi Baru
2.      Teknologi Darurat
3.      Tekomologi Tinggi
4.      Teknologi Medium.
5.      Teknologi Rendah.
6.      Teknologi Tepat Guna.
7.      Teknolog Diam-Diam (terselubung)
8.      Teknologi Tersususn
9.      Teknologi Alternatif.
10.  Teknologi Bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar